Laman

Kamis, 23 Juni 2016

Tana Samawa


Kabupaten Sumbawa adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumbawa Besar. Kabupaten ini terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa. Batas-batas wilayahnya adalah: Laut Flores dan Teluk Saleh di utara, Kabupaten Dompu di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Sumbawa Barat di barat. Kabupaten Sumbawa memiliki luas wilayah 8.493 km² dengan jumlah penduduk sekitar 415.000 jiwa.
Wilayah Kabupaten Sumbawa juga mencakup sejumlah pulau-pulau di sebelah utara Pulau Sumbawa, termasuk Pulau Moyo (pulau terbesar), Pulau Medang, Pulau Panjang, Pulau Liang, Pulau Ngali dan Pulau Rakit.
  1. Kebudayaan
Objek wisata budaya yang ada di Pulau Sumbawa adalah Dalam Loka, Wisma Praja/Wisma Daerah, Bala Kuning, Dusun Pamulung, Desa Tepal, Desa Poto, Pulau Bungin, Pantai Saliper Ate, Pantai Kencana, Samongkat, Pulau Moyo, Pantai Ai Manis, Liang Petang, dan Teluk Saleh.
Sedangkan kebudayaan dan kesenian yang ada di Pulau Sumbawa beraneka ragam, seperti Upacara Nyorong, Musik Tradisional, Ragam Ansambel Musik yang meliputi Ansambel Musik Gong Genang, Ansambel Musik Ketong Kasalung, dan Ansambel Musik Kolaborasi dan Kontemporer, Main Jaran, serta Berapan Kebo
2.  Makanan
  a.  Singang

       Singang, begitulah masyarakat di Sumbawa menamai masakan tradisional berbahan ikan segar ini. Ikan segar yang dibumbui dengan berbagai macam rempah tersebut selintas mirip dengan gulai ikan karena kuahnya.
Dari tampilannya saja, kuah Singang sudah cukup menggugah selera. Warna kuah yang kekuningan dipadu dengan warna hijau daun kemangi dan warna merah cabe rawit, menjadikan menu masakan ini terlihat segar.
Sementara rasa kuah Singang yang didalamnya ada asam Jawanya, terasa agak asam, tapi sangat lezat.
b. Sepat


       Sepat adalah masakan khas daerah Sumbawa, rasanya asam – asam segar. Biasanya di bulan puasa, 30 hari puasa maka 30 hari sepat hadir menemani berbuka.
masakan yang satu ini terbuat dari ikan yang diiris medium size dan dibakar. Lalu dihidangkan dengan kuah dengan bumbu-bumbu yang begitu lezat. Ibu- ibu yang ngidam selalu pengennya sepat, makanan ini populer di Sumbawa. Memang inilah salah satu resep masakan khas daerah Sumbawa.

Sumber : wikipedia  ,  blog dewi liastuti
serba-serbi sumbawa

1 komentar:

  1. BONUS MINGGUAN 0.5% DARI INDOKARTU

    Kepada member setia IndoKartu, Kami beritahukan bahwa anda akan mendapatkan bonus yang lebih besar dibandingkan dari agen-agen lain. Karena kami memberikan bonus rolingan dari permainan anda setiap minggunya sebesar 0.5% dari jumlah TurnOver anda.
    Semakin besar TO anda akan semakin banyak juga bonus yang anda menangkan. Jadi tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami di :
    - WA : 081333366766
    - BBM : indkartu
    - LINE : indokartu
    atau langsung di Livechat kami di Indokartu.biz

    SITUS JUDI POKER ONLINE

    BalasHapus